FORTASI: Memperkuat Eksistensi MBS Pleret Melalui Forum Orientasi dan Ta’aruf Santri

Salah satu agenda MBS Pleret untuk menyambut tahun ajaran baru 2016/ 2017 adalah mengadakan kegiatan Forum Orientasi dan Ta’aruf Santri (FORTASI). Kegiatan ini secara khusus bertujuan untuk mengenalkan santri baru pada kegiatan belajar dan lingkungan pondok pesantren modern MBS Pleret, sedangkan secara umum bertujuan untuk mendidik santri baru menjadi kader-kader Muhammadiyah. Rangkaian acara FORTASI dilaksanakan dari tanggal 21 – 23 Juli 2016. Kegiatan ini secara perdana dikelola oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) MBS Pleret. Peserta FORTASI yaitu santri putra yang berjumlah 22 dan santri putri yang berjumlah 32.

Berbagai macam kegiatan telah dilaksanakan dalam acara FORTASI. Pada hari pertama, seluruh santri MBS Pleret mendapatkan pelatihan baris-berbaris yang dipandu oleh personil Babinkamtibmas Polsek Pleret. Acara ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan santri dan kemampuan baris-berbaris.  Setelah itu, santri mendapatkan materi kemuhammadiyahan dan materi tentang organisasi pelajar Muhammadiyah dengan pemateri pengurus PCM kecamatan Pleret dan pengurus IPM MBS Pleret. Santri baru dikenalkan tentang Muhammadiyah sehingga timbul rasa cinta dan semangat untuk mengembangkan Muhammadiyah. Sore harinya, dilaksanakan outbond. Pada kegiatan outbond santri baru dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan permainan. Acara ini bertujuan untuk memupuk kerjasama dan persaudaraan antar santri baru. Acara FORTASI hari kedua ditutup dengan Training Motivasi yang dipandu oleh Bapak Suyadi. Acara training motivasi ini bertujuan untuk meluruskan kembali niat siswa untuk menuntut ilmu di MBS Pleret.

Pada hari kedua, santri mendapatkan materi kesehatan (MBS Pesat Berkokok) dari Tim Puskesmas Pleret. Santri diajarkan untuk memelihara kebersihan, mulai dari cara mencuci tangan, kebersihan lingkungan dan bahaya merokok. Kegiatan berikutnya yang diikuti oleh santri baru adalah sosialisasi kepondokan yang dipandu oleh pengurus BPH MBS Pleret. Santri  dikenalkan pada kegiatan pondok, mulai dari kegiatan keagamaan sampai pada kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan di asrama pondok. Kegiatan santri putri menjelang sholat dzuhur, yaitu mendapatkan materi mengenai Bimbingan Konseling (BK) oleh Ustadzah Synta Maimunah. Santri dibimbing untuk menuliskan impian dan cita-cita setelah lulus dari MBS Pleret. Santri sangat bersemangat dan menuliskan berbagai macam harapan dan impiannya. Kegiatan terakhir pada hari kedua FORTASI yaitu pentas seni yang menampilkan kreativitas seluruh santri MBS Pleret mulai dari santri baru kelas VII sampai dengan kelas IX. Berbagai macam penampilan seperti menyanyi dan drama ditampilkan santri MBS Pleret.

Selama dua hari acara FORTASI, siswa melakukan berbagai kegiatan di dalam lingkungan pondok pesantren. Pada hari terakhir, siswa diajak untuk melakukan perjalanan ke Kraton Yogyakarta dan Langgar Kidoel Kyai Ahmad Dahlan. Acara ini bertujuan untuk mengajak santri mengetahui sejarah salah satu icon penting di Yogyakarta yaitu Kraton Yogyakarta. Santri diajak mengetahui tentang silsilah raja, lukisan, pakaian, sampai dengan alat makan yang digunakan di kraton. Selain itu, santri juga diberikan game untuk mewawancarai wisatawan mancanegara. Santri dilatih untuk berani berbicara menggunakan bahasa inggris dan berani berinteraksi dengan orang baru. Setelah kunjungan ke Kraton Yogyakarta, santri berkunjung ke Langgar Kidoel. Santri mendapatkan materi sejarah Muhammadiyah dari cicit Kyai Ahmad Dahlan yaitu Bapak Dadang. Santri diberikan kesempatan masuk ke Langgar Kidoel yang kini menjadi museum. Santri dapat mengetahui silsilah keluarga Ahmad dahlan, gambar-gambar keluarga Ahmad Dahlan sampai dengan ruangan langgar yang terdapat bekas arah kiblat yang diubah. Rangkaian kegiatan FORTASI yang dilaksanakan selama tiga hari telah selesai. Setelah melakukan kunjungan, santri bersama-sama kembali ke sekolah tercinta, MBS Pleret. (Humas)

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email