MBS PLERET YOGYAKARTA GELAR PERKEMAHAN AKHIRUSSANAH 2018

WARTA MBS PLERET – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (GKHW) merupakan gerakan kepanduan yang berasaskan Islam memiliki tujuan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda menjadi muslim yang sebenar-benarnya agar kelak siap menjadi kader persyarikatan, umat dan bangsa. Sebagai gerakan kepanduan yang berada di bawah asuhan Muhammadiyah, kepanduan yang berada di sekolah-sekolah Muhammadiyah ini menjadi wadah percetakan kader-kader Muhammadiyah sejak dini. Pembinaan kader Hizbul Wathan dilakukan dengan metode yang menarik dan menyenangkan di alam terbuka.

Salah satu ciri kegiatan Hizbul Wathan dan kepanduan pada umumnya perkemahan, melalui kegiatan perkemahan, anggota didik dilatih untuk Mandiri, berani, dan disiplin. Selain itu, peserta didik juga dilatih untuk beradaptasi dengan lingkungan baru di tempat perkemahan dengan cepat. Jiwa gotong royong dan musyawarah juga terdorong dengan pembentukan kelompok dalam setiap kegiatan.

Pangkalan Qabilah Muhammadiyah Boarding School (MBS) Pleret Yogyakarta menggelar perkemahan akhirussanah sebagai salah satu rangkaian tutup tahun ajaran 2017-2018 pada tanggal 21-23 April 2018. Perkemahan ini secara resmi dibuka oleh Ramanda Joko Asmoro selaku pimpinan Kwartir Daerah GK Hizbul Wathan kabupaten Bantul di bumi perkemahan Bumi Tangkil, Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Acara permbukaan ini juga dihadiri oleh Ustad Kamiludin, S.Pd.I selaku Mudir Pondok Pesantren dan jajaran Wakil Mudir dan para ustad-ustadzah.

Perkemahan yang diikuti oleh 90 santri/wati tingkat Pengenal Purwa. Dalam sambutannya, Ramanda Joko Asmoro senantiasa menekankan bagi para kader HW MBS Pleret untuk senantiasa berlatih dengan sungguh-sungguh. Selain itu, HW MBS Pleret diharapkan mampu memberi warna keislaman tersendiri oleh karena Qabilah HW MBS Pleret adalah salah satu Pondok Pesantren Modern milik Muhammadiyah di lingkukan Kabupaten Bantul.

Pada kegiatan perkemahan HW MBS Pleret kali ini, selain menjadi wadah kompetisi yang dikemas dalam bentuk Giat dan Lomba, seperti lomba tehnik kepanduan, hafalan juz 30, lomba memasak, Para santri/wati juga dibekali materi dan praktek memanah dengan mendatangkan langsung pelatih handal dari komunitas memanah, Ar-Ramyu, KOKAM DIY.

Pengembaraan malam (Tadabbur Lhail), kegiatan Outing; susur sungai Boyong dan Wisata Merapi Park menjadi pelengkap kegiatan Perkemahan Qabilah HW MBS Pleret tahun 2018. Mudir Pondok Pesantren, Ustad Kamiludin, S.Pd.I dalam amanat upacara penutupan perkemahan menankankan kembali kepada para santri untuk terus memupuk jiwa kemandirian, jiwa kedisiplinan, jiwa ketangkasan selama perkemahan agar dapat di terapkan di luar perkemahan.

“Sebagai kader HW dan santri/wati MBS Pleret, sepatutnya jiwa kedisiplinan, jiwa kemandirian, jiwa ketangkasan selama perkemahan diterapkan dalam keseharian baik di Pesantren maupun di luar pesantren, agar Janji dan Undang-undang Pandu Hizbul Wathan dapat diamalkan secara kaffah.” Pesan Ustad Kamiluddin, selaku Pembina Upacara Penutupan Perkemahan Akhirussanh MBS Pleret tahun 2018.

Salam Hizbul wathan.!

(*Syams09)

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email